Saturday, April 15, 2017

Cara Olah Data Validitas Perangkat Soal untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika

Assalamu'alaikum
Kali ini, saya ingin sekali membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Pasti dari anda ada yang masih melakukan penelitian untuk Skripsi atau Tugas Akhir. Anda juga mungkin ada yang belum memasuki dunia penelitian, bisa diskip dahulu kalau anda masih bingung. Saya ambil referensi pengolahan data ini dari buku karangan Pak Sundayana. Bisa anda beli di toko-toko buku. Barangkali di toko online juga sudah banyak dan bisa anda beli. 

Oke kita bahas Validitas terlebih dahulu. Validitas secara gampangnya kita artikan sebagai ukuran untuk mengetahui tingkat kesahihan atau ketepatan suatu instrumen penelitian. Jika valid maka hal tersebut berarti dapat mengukur apa yang diinginkan. Misalnya kita memiliki seperangkat instrumen penelitian berupa soal uraian, nah soal tersebut kita uji validitasnya apakah soal tersebut cocok untuk dijadikan sebuah ukuran atau tidak, apakah dapat mengukur yang kita inginkan atau tidak. Jika perangkat soal tersebut Valid, maka perangkat soal tersebut bisa kita gunakan untuk penelitian.

Validitas mengolah dua hal, yaitu perangkat soal dan butir soal. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca di postingan Validitas Instumen Penelitian.Yang akan kita bahas yaitu validitas untuk perangkat soal.

Kita sekarang bahas contohnya:
1. Kita memiliki data sebagai berikut:

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment