Friday, December 12, 2014

MAKALAH PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Kata pengantar 

Bismillahhirrahmanirrahim……………
    Puji syukur ke hadirat Alloh SWT yang telah memberikan anugerah kesempatan dan pemikiran kepada kami untuk dapat menyelesaikan makalah ini.
    Makalah ini kami tujukan sebagai pembelajaran untuk semua mahasiswa Jurusan Pendidikan matematika dimana kami menyajikan berbagai permasalahan pembelajaran matematika yang ada di SD.
    Terima kasih kami ucapkan kepada semua rekan – rekan yang telah membantu dalam pengerjaan makalah ini. Meskipun makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Namun kami telah melakukan yang terbaik dalam pengerjaan makalah ini. Kami berharap agar makalah ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada kami selaku pembuat makalah ini, umumnya kepada semua yang membaca.



                                           
                                       







                                                                                                                          Penyusun

                                       
                                                                                                                Garut, 19 Oktober 2013



DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar ................................................................................................. 1
Daftar isi    ........................................................................................................ 2
BAB I PENDAHULUAN

1.1 Sistematika Pembahasan   .......................................................................... 3
a. Latar belakang masalah    ............................................................................. 3
b. Tujuan Pembahasan    ............................................................................... ... 3
c. Metode pembahasan    .................................................................................. 3
d. Perumusan masalah    ................................................................................... 3

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Hakekat Pembelajaran Matematika SD   ................................................... 4
2.2 Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika SD    .............................. 5

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan    ............................................................................................. 8
3.2 Daftar Pustaka ........................................................................................... 8













BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Sistematika pembahasan

a.    Latar Belakang Masalah
       Mengingat dengan ditemukannya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada peserta didik di jenjang pendidikan sekolah dasar yang semakin lama di khawatirkan akan lemahnya kemampuan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

b.    Tujuan Pembahasan
       Mengulas berbagai problematika dalam pembelajaran matematika SD.

c.    Metode Pembahasan
       Menjelaskan dengan metode persentasi yang di sertai dengan sesi Tanya jawab antara audience dengan para panelis.

d.    Perumusan Masalah
1.    Apa saja permasalahan pembelajaran matematika SD?






















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Hakekat Pembelajaran Matematika SD
    Seorang guru SD atau guru Matematika perlu mengetahui beberapa karakteristik pembelajaran matematika di SD. Matematika adalah ilmu yang abstrak dan deduktif, sedangkan yang kita ketahui, siswa SD yang berada pada usia 7 hingga 12 tahun masih berada pada tahap operasional konkrit yang belum dapat berpikir formal. Oleh karena itu pembelajaran matematika di SD selalu tidak terlepas dari hakikat matematika dan hakikat anak didik di SD.
Belajar matematika merupakan tentang konsep-konsep dan struktur abstrak yang terdapat dalam matematika serta mencari hubungan antara konsep-konsep dan struktur matematika. Belajar matematika harus melalui proses yang bertahan dari konsep yang sederhana ke konsep yang lebih kompleks. Setiap konsep matematika dapat dipahami dengan baik jika pertama-tama disajikan dalam bentuk konkrit.
Kemampuan berpikir matematika khususnya berpikir matematika tingkat tinggi sangat diperlukan siswa, terkait dengan kebutuhan siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa keterampilan berpikir yang dapat meningkatkan kecerdasan memproses adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan mengorganisir otak, dan keterampilan analisis. Wijaya (dalam Radiansyah, 2010) mengatakan bahwa “Kemampuan berpikir kritis dan kreatif sebagai bagian dari keterampilan berpikir perlu dimiliki oleh setiap anggota masyarakat, sebab banyak sekali persoalan-persoalan dalam kehidupan yang harus dikerjakan dan diselesaikan”. Karena kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dan memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan di masyarakat, jelas bahwa siswa sebagai bagian dari masyarakat harus dibekali dengan kemampuan berpikir kritis yang baik. Oleh sebab itu, kemampuan berpikir terutama yang menyangkut aktivitas matematika perlu mendapatkan perhatian khusus dalam proses pembelajaran matematika.
Namun, kenyataan di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. Hasil studi menyebutkan bahwa meski adanya peningkatan mutu pendidikan yang cukup menggembirakan, namun fokus dan perhatian pada upaya meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa masih jarang dikembangkan. Aisyah (2008:4) dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa “rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan upaya pengembangan kemampuan berpikir kritis di sekolah-sekolah jarang dilakukan.” Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika siswa juga dapat dilihat dari hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika di sekolah yang masih belum memuaskan.




B.    Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika SD


•    Juang Hasdya Firmansyah
(10301241039)
Pend. Matematika Sub 2010
Problem pembelajaran matematika sejatinya bukan disebabkan oleh siswa, namun disebabkan oleh orang dewasa selaku guru, orang tua, orang-orang yang mengambil kebijakan seperti kepala sekolah, dinas pendidikan, hingga menteri sekalipun. Karena mereka berpikiran bahwa matematika adalah ilmu yang disusun secara deduksi yang bersifat abstrak. Ini merupakan bencana bagi siswa. Kemudian tujuan pendidikan yang mengacu kepada “ujian nasional oriented” ini juga menambah beban siswa. Ketidakpekaan orang dewasa inilah yang telah terjadi pada pembelajaran matematika sekarang. Pendidikan kita sekarang telah kehilangan intuisi karena para pendidik hanya memberi definisi-definisi yang masih bersifat abstrak bagi siswa. misalnya matematika pada tingkat SD didefinisikan sebagai pengalaman, sebagai kegiatan dan dari pengalaman ini akan muncul intuisi siswa.
•    Mega Eriska Rosaria
(13709251064)
PPS Pend Mat, Kelas C
Pembelajaran matematika di SD memang penuh dengan masalah atau problematika. Menurut teori perkembangan kognitif, anak-anak pada usia SD masih berada pada tingkat berpikir yang sederhana, terbatas pada hal-hal yang konkret. Sementara itu objek kajian dari matematika adalah bersifat abstrak. Lantas bagaimanakah cara untuk membelajarkan sesuatu yang abstrak kepada siswa yang pemikirannya belum sampai untuk menangkap hal-hal yang abstrak tersebut? Selain itu, guru yang mengajar mata pelajaran matematika untuk SD kebanyakan adalah guru kelas yang memiliki tugas untuk mengajar mata pelajaran yang lain. Tentu saja ia tidak tau mendalam mengenai seluk beluk matematika dan bagaimana cara membelajarkannya kepada anak. Tak jarang pula terjadi miskonsepsi atau salah konsep pada guru hingga kemudian ia menyampaikan sesuatu yang salah tersebut kepada siswanya. Pembelajaran matematika di SD seharusnya dimulai dari hal-hal yang konkret berasaskan pada aktivitas atau kegiatan, namun realitanya bagaimana? Karena itulah, ini semua menjadi tugas dan tanggung jawab bagi para praktisi pendidikan dan kita sebagai mahasiswa calon pendidik untuk mencari penyelesaian permasalahan ini melalui inovasi-inovasi dalam pembelajaran matematika di SD.
•    Asep Endang S.Pd.I
Guru Matematika SDN Dangdeur II Garut
Permasalahan yang timbul dalam pembelajaran matematika SD disebabkan anak kurang latihan soal-soal matematika di luar sekolah (di rumah), sehingga anak mudah lupa apa yang sudah mereka kuasai tentang pembelajaran matematika, karena permasalahan di lingkungan lebih banyak yang menarik perhatian mereka, sehingga pelajaran kurang diperhatikan. Permasalahan pembelajaran matematika SD juga dikarenakan 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
•    Faktor internal
Kurangnya motivasi belajar matematika, baik itu dari anaknya sendiri maupun dari orangtuanya.
•    Faktor eksternal
Banyaknya pengaruh-pengaruh dari perkembangan teknologi seperti HP, PS, warnet dan alat-alat teknologi lainnya, sehingga anak lebih memilih bermain dibanding dengan belajar matematika.

C.   Problematika yang terjadi dalam pembelajaran teori Matematika
1.    Permasalahan Dalam Pembelajaran Bilangan di SD
•    Masih banyak para guru dan siswa yang tidak dapat membedakan tanda  - atau + sebagai operasi hitungan dengan tanda – atau + sebagai jenis bilangan. Umumnya para guru belum paham benar menempatkan tanda – atau + sebagai operasi hitungan dengan tanda  - atau + sebagai jenis suatau bilangan. Misalnya untuk bentuk “4+(-8)” dengan membacanya “empat plus min delapan”, padahal bentuk “4+(-8) seharusnya dibaca “ empat ditambah negatif delapan”. Jadi, kalau tanda – atau +  berfungsi sebagai operasi hitung, maka harus dibaca minus atau min atau kurang untuk tanda – dan plus atau tambah untuk tanda +. Sedangkan kalau tanda – atau + ditempatkan sebagai jenis suatu bilangan, maka harus dibaca “ negatif untuk tanda – dan positif untuk tanda +”.
•    Kurang tepatnya memberikan bilangan bulat.
Pada umumnya, dalam buku-buku pelajaran di sekolah dasar ( khususnya untuk kelas 5) banyak yang tidak memperhatikan bagaimana memberikan penjelasan atau pengertian adanya bilangan bulat secara tepat. Misal, ada buku yang memberi ilustrasi anak berjalan maju untuk menandakan bilangan positif dan anak mundur untuk menandakan bilangan negatif. Padahal untuk menjelaskan pengertian bilangan bulat (khususnya yang menyangkut bilangan negatif) harus dikaitkan dengan jenis atau bentuk operasi pada bilangan asli, sehingga anak akan mengerti kenapa harus ada bilangan negatif yang secara utuh jika digabung dengan bilangan cacah menjadi bilangan bulat.

2.    Permasalahan dalam pembelajaran pengukuran di SD
•    Kesulitan memahami tentang skala.
Untuk membantu menyelesaikan masalah mereka, gunakan penjumlahan berulang dalam perkalian, dan pengurangan berulang dalam pembagian. Bimbinglah mereka memahami skala naik dan skala turun, melalui hal-hal yang terkait dengan ukuran, pembelian (belanja), dan kalender.
Contoh    : Jika 1 botol minyak seharga 3000 rupiah, maka berapa harga 5 botol minyak?
1    botol  3000 rupiah
2    botol = 1 botol + 1 botol  3000 rupiah + 3000 rupiah  6000 rupiah  (2x3000) rupiah
Dengan demikian dapat dicari bahwa : 5 botol(5x3000) rupaih15000 rupiah. Harga 5 botol minyak adalah 15000 rupiah.
Dengan pengembangan korespodensi seperti ini, mereka diharapkan dapat menangkap secara benar makna skala sebagai perbandingan dan dapat terkait dengan perkalian.
3.    Permasalahan dalam pembelajaran statistika, data di SD
•    Kesulitan mengaitkan dengan keadaan yang realistik, yaitu permasalahan yang terkait dengan keadaan sehari-hari para siswa.
Untuk membantu mereka menyelesaikan masalah ini, guru perlu membimbing mereka menggunakan bahan manipulatif, peraga, diagram, atau gambar dalam proses memahami pokok permasalahan.
Contoh    : Suatu toko memberikan potongan harga sebesar 25 %. Jika harga 1 baju adalah 60.000 rupiah, maka seseorang harus membayar berapa untuk membeli satu baju itu?
Jawab    :
60.000 rupiah dinyatakan sebagai empat bagian yang sama, masing-masing bagian senilai 15.000 rupiah potongan pembayaran : 3 bagian, yaitu 3x15.000 rupiah, atau pembayaran dapat diperoleh dari : 75% dari 60.000 rupiah  75% x 60.000 rupiah 75% x 60.000 rupiah = x 60.000 rupiah = x 60.000 rupiah = 45.000 rupiah.
•    Kesulitan mengaitkan pecahan dan persen, misalnya mengisi jawaban:
=...% =...% =...%
Usaha guru untuk membantu siswa adalah memberkan bimbingan kepada mereka untuk memahami kesamaan makna persen dengan perseratus, artinya mencari nama lain suatu pecahan tetapi penyebutnya adalah 100, sehingga translasi kesejajaran dapat dibuat, yaitu:
= = (a x k)% jika b x k = 100
Contoh    : ...%  = karena 5 x 2 = 100 maka = = 40%.








BAB III
PENUTUP


3.1    Kesimpulan
Ternyata masih banyak permasalahan pembelajaran matematika SD yang terjadi di Indonesia khususnya di daerah kita sendiri. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus lebih tahu dan paham akan  permasalahan tersebut supaya kita menjadi contoh untuk guru-guru SD di indonesia dan bisa menghapus semua permasalahan yang masih terjadi di daerah kita.

3.2    Daftar Pustaka
http://furahasekai.wordpress.com/2011/09/06/permasalahan-pembelajaran-matematika-di-sekolah/
http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/problematika-pembelajaran-matematika-di.html
http://bromocyber.azisgr.com/2009/05/problematika-pembelajaran-matematika-sd.html
http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/16/diagnosis-kesulitan-belajar-matematika/
http://catatan-pril.blogspot.com/2013/05/permasalahan-dalam-pembelajaran.html?m=1
Asep Endang S.Pd.I, guru matematika SDN Dangdeur II Garut
Artikel Terkait

2 comments: