Monday, April 17, 2017

Membahas Tentang Kenakalan Remaja

MAKALAH KENAKALAN REMAJA

BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
     Remaja seringkali dianggap sebagai kelompok yang “aneh”, karena dalam kehidupannya kelompok ini sering menganut kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berbeda atau bertentangan dengan kaidah-kaidah dan nilai yang dianut oleh orang dewasa terutama orang tuanya.  Dilihat dari demensi usia dan perkembangannya, nampak bahwa kelompok ini tergolong pada kelompok “tradisional” (masa peralihan) dalam pengertian remaja merupakan decade yang bersifat sementara yaitu rentang waktu antara usia anak-anak dengan usia dewasa, sehingga bisa dipahami bahwa pada setiap periode transisi selalu ada gejolak dan badai yang menyertai perubahan.  Dan masa transisi ini pulalah yang mengakibatkan remaja setelah mengalami gejolak dalam mencari identitasnya, meskipun gejolak pada setiap remaja memiliki kuantitas dan kualitas yang berbeda.
        Perkembangan kepribadian seseorang termasuk remaja merupakan hasil hubungan dan pengaruh timbal balik secara terus menerus antara pribadi dengan lingkungannya, lingkungan sosial bagi kelompok remaja merupakan sumber inspirasi yang dapat memberikan kekuatan dan kekuatan fisik maupun kesehatan mental yang dapat merupakan upaya mencegah timbulnya gangguan perkembangan kepribadian.  Sebaliknya lingkungan sosial yang tidak sehat, dapat pula menimbulkan gangguan dalam kesejahteraan mentalnya.  Pendidik diharapkan dapat mengatasi berbagai kesulitan remaja sehingga perkembangan kepribadiannya dapat berlangsung dengan baik.
      Kegagalan remaja dalam melakukan tugas perkembangannya termasuk dalam menjalin hubungan dengan lingkungan sosialnya sering menimbulkan konflik-konflik internal maupun konflik yang terjadi antar individu dan kelompok yang mengarah pada munculnya perilaku menyimpang atau kenakalan remaja.  Sehingga dapat dikatakan bahwa pada dasarnya perilaku menyimpang atau kenakalan yang sering muncul pada kelompok remaja sebenernya merupakan kompensasi dari segala kekurangan dan kegagalan yang dialaminya.
       Kenakalan remaja tidak pernah berlangsung dalam isolasi sosial dan tidak berproses pada ruangan vakum tetapi selalu langsung dalam kontak antar personal dan dalam konteks sosio kultural, karena itu perilaku menyimpang dapat bersifat organisme fisiologis atau dapat pula psikis interpersonal, antar personal dan kultural.
        Memperhatikan permasalahan yang mungkin timbul dalam kehidupan masa remaja, pemahaman dan pemecahannya harus dilakukan secara interdisipliner dan antarlembaga.  Meskipun demikian, pendekatan dan pemecahannya dari pendidikan merupakan salah satu jalanyang paling strategis, karena bagi sebagian besar remaja bersekolah dengan para pendidik, khususnya para gurulah, mereka itu paling banyak mempunyai kesempatan berkomunikasi dan bergaul.

B.  RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang dapat diambil dari pemaparan makalah ini yaitu:
1.    Siapakah remaja itu?
2.    Apa saja permasalahan yang timbul pada masa remaja?
3.    Apa saja bentuk penyimpangan remaja?
4.    Bagaimanakah implikasinya bagi pendidikan?

C.  TUJUAN PENULISAN
Dengan disusunnya makalah ini, penulis dapat menyimpulkan tujuan dari tulisan ini, diantaranya :
1.    Mengetahui karakteristik remaja.
2.    Mengetahui berbagai permasalahan yang timbul pada masa remaja.
3.    Mengetahui bentuk penyimpangan remaja.
4.    Mengetahui implikasi isu dan permasalahan remaja tersebut dalam pendidikan.



D.  MANFAAT PENULISAN
       Dari tujuan yang diharapkan penulis dalam makalah ini, dapat ditarik beberapa manfaat baik untuk pembaca maupun penulis sendiri, yaitu:
1.    Bagi Pembaca
Jika penulisan makalah ini dirasakan dapat menambah pengetahuan tentang isu dan permasalahan remaja serta implikasinya terhadap pendidikan, diharapkan pembaca dapat  lebih memahami isi dari makalah ini.
2.    Bagi Penulis
Penulisan karya tulis ini mejadi suatu pembelajaran, sebagai pengetahuan kami untuk lebih mengetahui berbagai isu dan permasalahan remaja.

E.  METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan melakukan kaji literatur dari buku dan internet.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Remaja
      Secara umum, remaja merupakan bagian dari masyarakat yang di kemudian hari akan bertanggung jawab terhadap kemajuan suatu bangsa. Seorang remaja ialah individu yang berusia sekitar 13- 21 tahun, dengan periode perkembangan sejak berakhirnya masa anak sampai datangnya awal masa dewasa atau lebih dikenal dengan periode peralihan. Dapat dikatakan bahwa sikap remaja saat ini masih dalam tahap mencari jati diri atau mencari identitas dari dirinya. Jati diri yang dicari oleh seorang remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa perannya di dalam masyarakat. Sehingga mereka berupaya untuk menentukan sikapnya agar mencapai ke tingkat yang dinamakan dewasa. Namun, pada kenyataannya, saat perkembangan remaja menuju tahap dewasa, mereka tidak selalu dapat menunjukkan siapa dirinya dan apa kontribusi yang dapat dilakukannya dalam masyarakat. Hal ini mungkin dapat terjadi karena banyak faktor yang dapat berpengaruh pada diri individu semasa ia kecil, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan masyarakat pada saat ia berkembang.
      Padahal, jikalau perkembangan masa kecil individu berjalan dengan baik, maka kemungkinan pada tahapan perkembangan selanjutnya ia tidak akan mengalami permasalahan yang berarti dalam usahanya untuk menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan. Berkaitan dengan usaha penyesuaian diri ke arah dewasa, biasanya para remaja mengalami kegalauan untuk menemukan konsep dirinya, karena kebanyakan mereka belum menemukan status dirinya secara utuh. Saat konsep diri negatif yang menjadi acuan seseorang, maka jelas dapat dipastikan bahwa remaja tersebut akan menghasilkan perilaku yang negatif yang erat kaitannya dengan penyimpangan yang terjadi pada masa remaja.

B.    Permasalahan yang Timbul Pada Masa Remaja
        Laju proses perkembangan perilaku dan pribadi itu dipengaruhi oleh tiga faktor dominan, yaitu faktor bawaan (heredity), kematangan (maturation), dan lingkungan (environment) termasuk belajar dan latihan (training and learning).  Ketiga faktor dominan utama itu senantiasa bervariasi yang mungkin dapat menguntungkan atau menghambat atau membatasi lajunya proses perkembangan tersebut.
       Oleh karena garis lintasan perpindahan dari awal sampai akhir masa remaja itu tidaklah selalu berjalan lurus dan mulus, tetapi mungkin sebaliknya berliku-liku yang bergantung atas variasi salah satu atau beberapa dari ketiga faktor dominan tersebut.  Liku-liku perkembangan yang ekstrem merupakan masalah yang tidak mudah diatasi, baik oleh individu yang bersangkutan maupun oleh masyarakat secara keseluruhan.  Beberapa diantaranya ialah berikut ini :

1. Masalah-masalah yang mungkin timbul berhubungan dengan perkembangan fisik dan psikomotorik, misalnya :
a. Adanya variasi yang mencolok dalam tempo dan irama serta kepesatan laju perkembangan fisik antarindividual atau kelompok (wanita lebih cepat sekitar 1-2 tahun dari pria) dapat menimbulkan kecanggungan-kecanggungan bergaul satu sama lain.
b. Perkembangan ukuran-ukuran tinggi dan berat badan yang kurang proporsional, juga dapat membawa ekses psikologis tertentu, umpamanya munculnya nama-nama cemoohan (nickname) si congcorang, si gendut, dan sebagainya.  Yang lebih jauh lagi dapat membawa kea rah self-rejection karena bodu-image-nya tidak sesuai dengan self-picture yang diharapkannya.
c. Perubahan suara dan peristiwa menstruasi dapat juga menimbulkan gejala-gejala emosional tertentu seperti perasaan malu.
d. Matangnya organ reproduksi, membutuhkan pemuasan biologis, kalau tidak terbimbing oleh norma-norma tertentu dapat mendorong remaja melakukan masturbasi, homo-sexual, atau mencoba heterosexual yang mungkin berakibat lebih jauh lagi berkembang penyakit kelamin, di samping merupakan pelanggaran atas norma kesusilaan.

2.  Masalah-masalah yang mungkin  timbul berhubungan dengan perkembangan bahasa dan perilaku kognitif.
a.  Bagi individu-individu tertentu, mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang menyenangkan.  Kelemahan-kelemahan dalam fonetik misalnya, juga dapat merupakan bahan semacam cemoohan, yang bukan mustahil berakibat sikap negatif terhadap pelajaran dan guru bahasa asing yang bersangkutan, benci pelajarannya dan juga terhadap gurunya.
b. Intelegensi juga merupakan kapasitas dasar belajar, bagi yang dianugerahi IQ yang tinggi (superior) atau di bawah rata-rata (slow learners), kalau kurang bimbingan yang memadai akan membawa ekses psikologis (underachiever-prestasinya di bawah kapasitasnya karena malas atau nakal ; inferiority conflex – rasa rendah diri karena tidak pernah mastery atau mencapai hasil yang diharapkan dalam belajarnya).
c. Kadang-kadang terjadi ketidakselarasan, antara keinginan dan minat seseorang dengan bakat khusus (aptitudes)-nya, sering membawa kesulitan juga dalam memilih program/jurusan/jenis sekolah yang akan dimasukinya.  Banyak kegagalan studi mungkin bersumber pada pilihan yang kurang tepat ini.

3. Masalah yang timbul berhubungan dengan perkembangan perilaku sosial, moralitas, dan keagamaan.
a.  Keterikatan hidup dalam gang (peers group) yang tidak terbimbing mudah menimbulkan junevile delinquency (kenakalan remaja) yang berbentuk perkelahian antar-kelompok, pencurian, perampokan, prostitusi, dan bentuk-bentuk perilaku antisocial lainnya.
b. Konflik dengan orang tua, yang mungkin berakibat tidak senang di rumah, bahkan minggat (melarikan diri dari rumah).
c. Melakukan perbuatan-perbuatan yang justru bertentangan dengan norma masyarakat atau agamanya, seperti mengisap ganja, narkotika dan sebagainya.

4. Masalah yang timbul berhubungan dengan perkembangan perilaku afektif, konatif dan kepribadian.
a.    Mudah sekali digerakkan untuk melakukan gerakan atau kegiatan dekstruktif yang spontan untuk melampiaskan ketegangan instutif emosionalnya meskipun ia tidak mengetahui maksud yang sebenarnya dari tindakan-tindakannya itu.  Mudah terlibat kegiatan-kegiatan masa remaja.
b.    Ketidakmampuan menegakkan kata hatinya membawa akibat sukar terintregasikan dan sintesis fungsi-fungsi psikofisiknya, yang berlanjut akan sukar pula menemukan identitas pribadinya.  Ia akan hidup dalam suasana adolencentimes (remaja yang berkepanjangan) meskipun usianya sudah menginjak dewasa.

     Ketika memasuki masa pubertas, setiap anak telah mempunyai sistem kepribadian yang merupakan pembentukan dari perkembangan selama ini. Di luar sistem kepribadian anak seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi, pengaruh media massa, keluarga, sekolah, teman sebaya, budaya, agama, nilai dan norma masyarakat tidak dapat diabaikan dalam proses pembentukan kepribadian tersebut. Pada masa remaja, seringkali berbagai faktor penunjang ini dapat saling mendukung dan dapat saling berbenturan nilai.

1.    Kutub Keluarga ( Rumah Tangga)
      Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan, dikemukakan bahwa anak/remaja yang dibesarkan dalam lingkungan sosial keluarga yang tidak baik/disharmoni keluarga, maka resiko anak untuk mengalami gangguan kepribadian menjadi berkepribadian antisosial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak/remaja yang dibesarkan dalam keluarga sehat/harmonis (sakinah).
Kriteria keluarga yang tidak sehat tersebut menurut para ahli, antara lain:
a.    Keluarga tidak utuh (broken home by death, separation, divorce)
b.    Kesibukan orangtua, ketidakberadaan dan ketidakbersamaan orang tua dan anak di rumah
c.    Hubungan interpersonal antar anggota keluarga (ayah-ibu-anak) yang tidak baik (buruk)
d.    Substitusi ungkapan kasih sayang orangtua kepada anak, dalam bentuk materi daripada kejiwaan (psikologis).
Selain daripada kondisi keluarga tersebut di atas, berikut adalah rincian kondisi keluarga yang merupakan sumber stres pada anak dan remaja, yaitu:
a.  Hubungan buruk atau dingin antara ayah dan ibu
b.  Terdapatnya gangguan fisik atau mental dalam keluarga
c.  Cara pendidikan anak yang berbeda oleh kedua orangtua atau oleh kakek/nenek
d.  Sikap orangtua yang dingin dan acuh tak acuh terhadap anak
e.  Sikap orangtua yang kasar dan keras kepada anak
f.  Campur tangan atau perhatian yang berlebih dari orangtua terhadap anak
g.  Orang tua yang jarang di rumah atau terdapatnya isteri lain
h.  Sikap atau kontrol yang tidak konsisiten, kontrol yang tidak cukup
i.   Kurang stimuli kongnitif atau social
j.   Lain-lain, menjadi anak angkat, dirawat di rumah sakit, kehilangan orang tua, dan lain sebagainya.

        Sebagaimana telah disebutkan di muka, maka anak/remaja yang dibesarkan dalam keluarga sebagaimana diuraikan di atas, maka resiko untuk berkepribadian anti soial dan berperilaku menyimpang lebih besar dibandingkan dengan anak/maja yang dibesarkan dalam keluarga yang sehat/harmonis (sakinah).

2.    Kutub Sekolah
Kondisi sekolah yang tidak baik dapat menganggu proses belajar mengajar anak didik, yang pada gilirannya dapat memberikan “peluang” pada anak didik untuk berperilaku menyimpang. Kondisi sekolah yang tidak baik tersebut, antara lain;
a.    Sarana dan prasarana sekolah yang tidak memadai
b.    Kuantitas dan kualitas tenaga guru yang tidak memadai
c.    Kualitas dan kuantitas tenaga non guru yang tidak memadai
d.    Kesejahteraan guru yang tidak memadai
e.    Kurikilum sekolah yang sering berganti-ganti, muatan agama/budi pekerti yang kurang
f.    Lokasi sekolah di daerah rawan, dan lain sebagainya.

3.    Kutub Masyarakat (Kondisi Lingkungan Sosial)
        Faktor kondisi lingkungan sosial yang tidak sehat atau “rawan”, dapat merupakan faktor yang kondusif bagi anak/remaja untuk berperilaku menyimpang. Faktor kutub masyarakat ini dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu pertama, faktor kerawanan masyarakat dan kedua, faktor daerah rawan (gangguan kamtibmas). Kriteria dari kedua faktor tersebut, antara lain:
a.    Faktor Kerawanan Masyarakat (Lingkungan)
1)   Tempat-tempat hiburan yang buka hingga larut malambahkan sampai dini hari
2)   Peredaran alkohol, narkotika, obat-obatan terlarang lainnya
3)   Pengangguran
4)   Anak-anak putus sekolah/anak jalanan
5)   Wanita tuna susila (wts)
6)   Beredarnya bacaan, tontonan, TV, Majalah, dan lain-lain yang sifatnya pornografis dan kekerasan
7)   Perumahan kumuh dan padat
8)   Pencemaran lingkungan
9)   Tindak kekerasan dan kriminalitas
10) Kesenjangan social

b.    Daerah Rawan (Gangguan Kantibmas)
1)    Penyalahgunaan alkohol, narkotika dan zat aditif lainnya
2)    Perkelahian perorangan atau berkelompok/missal
3)    Kebut-kebutan
4)    Pencurian, perampasan, penodongan, pengompasan, perampokan
5)    Perkosaan
6)    Pembunuhan
7)    Tindak kekerasan lainnya
8)    Pengrusakan
9)    Coret-coret dan lain sebagainya
Kondisi psikososial dan ketiga kutub diatas, merupakan faktor yang kondusif bagi terjadinya kenakalan remaja.

A.    Bentuk – Bentuk Perilaku Menyimpang Remaja
     Berdasarkan permasalahan remaja yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat dispesifikasikan bentuk- bentuk perilaku menyimpang atau kenakalan remaja yang dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu:
1)    Delikuensi Individual
       Adalah perilaku menyimpang yang berupa tingkah laku kriminal yang merupakan gejala personal dengan ciri khas “jahat“ yang disebabkan oleh prodisposisi dan kecenderungan penyimpangan tingkah laku psikopat, neourotis, dan antisosial. Penyimpangan perilaku ini dapat diperhebat dengan stimuli sosial yang buruk, teman bergaul yang tidak tepat dan kodisi kultural yang kurang menguntungkan. Perilaku menyimpang pada tipe ini seringkali bersifat simptomatik karena muncul dengan disertai banyaknya konflik-konflik intra psikis yang bersifat kronis dan disintegrasi pribadi.
2)    Delinkuensi Situasional
       Bentuk penyimpangan perilaku tipe ini pada umumnya dilakukan oleh anak-anak dalam klasifikasi normal yang dapat dipegaruhi oleh berbagai kekuatan situasional baik situasi yang berupa stimuli sosial maupun kekuatan tekanan lingkungan teman sebaya yang semuanya memberikan pengaruh yang “menekan dan memaksa“ pada pembentukan perilaku menyimpang. Penyimpangan perilaku dalam bentuk ini seringkali muncul sebagai akibat transformasi kondisi psikologis dan reaksi terhadap pengaruh eksternal yang bersifat memaksa. Dalam kehidupa remaja situasi sosial eksternal yang menekan, terutama dari kelompok sebaya dapat dengan mudah mengalahkan unsure internal yang berupa pikiran sehat, peraaan dan hati nurani sehingga memunculkan tingkah laku delinkuen situasional.
3)    Delinkuensi Sistematik
        Perbuatan menyimpang dan kriminal pada anak-anak remaja dapat berkembang menjadi perilaku menyimpang yang disestematisir, dalam bentuk suatu organisasi kelompok sebaya yang berperilaku seragam dalam penyimpangan. Kumpulan tingkah laku yang menyimpang yang disestematisir dalam pengaturan status, norma dan peranan tertentu kan memunculkan sikap moral yang salah dan justru muncul rasa kebanggaan terhadap perbedaan-perbedaan dengan norma umum yang berlaku.
       Semua perilaku menyimpang yang seragam dilakukan oleh anggota kelompok ini kemudian dirasionalisir dan dilakukan pembenaran sendiri oleh seluruh anggota kelompok, sehingga perilaku menyimpang yang dilakukan menjadi terorganisir dan sistematis sifatnya. Dorongan berperilaku menyimpang pada kelompok remaja terutama muncul pada saat kelompok remaja ini dalam kondisi tidak sadar atau setengah sadar, karena berbagai sebab dan berada dalam situasi yang tidak terawasi oleh kontrol diri dan kontrol sosial. Lama kelamaan perilaku menyimpang ini diulang dan diulang kembali, dan kemudian dirasakan enak dan menyenangkan yang kemudian diprofesionalisasikan yang pada akhirnya kemudian digunakan untuk menegakkan gengsi diri secara tidak wajar.
4)    Delinkuensi Komulatif
Pada hakekatnya bentuk delikuensi ini merupakan produk dari konflik budaya yang merupakan hasil dari banyak konflik kultural yang kontroversial dalam iklim yang penuh konflik.
       Perilaku menyimpang tipe ini memiliki ciri utama, yaitu:
a. Mengandung banyak dimensi ketegangan syaraf, kegelisahan batin, dan keresahan hati pada remaja, yang kemudian disalurkan dan dikompensasikan secara negatif pada tindak kejahatan dan agresif tak terkendali.
b.  Merupakan pemberontakan kelompok remaja terhadap kekuasaan dan kewibawaan orang dewasa yang dirasa berlebihan.  Untuk dapat menemukan identitas diri lewat perilaku yang melanggar norma sosial dan hukum.
c. Diketemukan adanya banyak penyimpangan seksual yang disebabkan oleh penundaan usia perkawinan, jauh sesudah kematangan biologis tercapai dan tidak disertai oleh kontrol diri yang kuat, hal ini bisa terjadi karena sulitnya lapangan pekerjaan ataupun sebab-sebab yang lain.
d. Banyak diketemukan munculnya tindak ekstrem radikal yang dilakukan oleh kelompok remaja, yang mengganggu dan merugikan kehidupan masyarakat, yaitu cara untuk memenuhi kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan cara-cara kekerasan, penculikan, penyadaran dan sebagainya.
Dengan mencermati bentuk perilaku menyimpang yang dilihat dari dimensi penyebabnya, maka secara fisik wujud dari perilaku menyimpang dapat berupa perilaku sebagai berikut :
a. Main kebut-kebutan di jalan perhitungan bahwa hal tersebut mengganggu keamanan, keselamatan dan membahayakan jiwa diri sendiri maupun orang lain.
b. Perilaku ugal-ugalan, berandalan, urakan dan perilaku-perilaku lain yang mengacaukan lingkungan sekitar.  Hal ini sering dilakukan sebagai akibat kelebihan energy dan dorongan primitive yang tak terkendali, serta upaya mengisi waktu luang tanpa bimbingan orang dewasa.
c. Perkelahian antar individu, antar gang, antar kelompok, antar sekolah ataupun antar suku, yang kesemuanya menunjukan akibat negatif.
d. Membolos sekolah dan bergelandangan sepanjang jalan atau bersembunyi di tempat terpencil sambil melakukan berbagai eksperimen perilaku sosial.
e. Perilaku kriminalitas, yang berupa perbuatan mengancam, intimidasi memeras, merampas dan sebagainya.
f. Berpestapora sambil mabuk-mabukan dan melakukan perbuatan seks bebas yang mengganggu ligkungan.
g. Perkosaan dan agresifitas sosial atau pembunuhann karena motif seksual atau didorong oleh reaksi-reaksi konpensatoris dan peranan inferior yang menuntut pengakuan diri.
h. Kecanduan dan ketagihan obat terlarang yang erat kaitannya dengan tindak kejahatan.
i.  Perjudian dan bentuk-bentuk permainan dengan taruhan yang mengakibatkan ekses kriminalitas.
j.  Perbuatan anti sosial dan a sosial yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan pada anak-anak remaja simptomatik, neourotik dan gangguan jiwa lain.
k. Penyimpangan-penyimpangan perilaku lain yang disebabkan oleh kerusakan pada karakter anak yang menuntut kompensasi disebabkan oleh organ-organ yang inferior.

B.    Implikasinya bagi Pendidikan
       Memperhatikan permasalahan yang mungkin timbul dalam kehidupan masa remaja, sudah jelas kata Conger (197:ix) pemahaman dan pemecahannya harus dilakukan secara interdisipliner dan antarlembaga. Meskipun demikian, pendekatan dan pemecahannya dari pendidikan merupakan salah satu jalan yang paling strategis karena bagi sebagian besar remaja bersekolah dengan para pendidik, khususnya gurulah, mereka itu paling banyak mempunyai kesempatan berkomunikasi dan bergaul.
     Di antara usaha-usaha pembinaan, sekurang-kurangnya untuk mengurangi kemungkinan tumbuhnya permasalahan tersebut di atas, dalam rangka kegiatan pendidikan yang dapat dilakukan para pendidik umumnya dan para guru khususnya, ialah:

A.    Untuk memahami dan mengurangi permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik, antara lain:
a. Seyogiannya dalam program dan kegiatan pendidik tertentu, diadakan program dan perlakuan layanan khusus bagi siswa remaja pria dan wanita (misalnya, dalam pelajaran anatomi dan fisiologi dan pendidikan olahraga) yang diberikan pula oleh para guru yang dapat menyelenggarakan penjelasan nya dengan penuh dignity;
b. Disamping itu melalui bentuk-bentuk pendidikan secara formal tersebut, kiranya dapat pula diadakan diskusi atau panel atau ceramah tamu tentang pendidikan jenis (sex education), bahaya-bahaya dari perilaku menyimpang dalam pemuasan kehidupan seksual (masturbasi, onani, prostitusi, dan sebagainya) terhadap kesehatan serta perkembangan jasmani dan rohani yang sehat;
c. Role playing, akan sangat tepat untuk mengurangi ekses sosial dari perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik, yang sebenarnya merupakan hal wajar (natural) terjadi tidak perlu merupakan keanehan yang baru ditabukan secara berlebihan.

B. Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan  perkembangan bahan perilaku kognitif, antara lain:
a. Kepada para guru bidang studi tertentu seperti bahasa asing, matematika, seni suara, dan olahraga, tampaknya dituntut pemahaman yang mendalam dan perlakuan layanan perndidikan dan bimbingan kebijaksanaan sehingga siswa-siswa remaja yang biasanya mengalami kesulitan dan kelemahan tertentu dalam bidang-bidang studi yang sensitif tersebut tidak menjurus kepada situasi-situasi frustasi yang mengandung lahirnya reaksi-reaksi mekanisme pertahanan diri atau defence mechanism atau sikap-sikap dan tindakan-tindakan yang negatif destruktif, baik terhadap bidang studinya maupun gurunya;
b. Penggunaan strategi belajar-mengajar yang tepat (individualize atau small group based instruction) untuk membantu siswa-siswa yang tepat (the accelerated students), dan yang lambat (the slow leaners) misalnya menggunakan sistem belajar modul;
c. Penjurusan atau pemilihan dan penentuan program studi seyogyanya memperhitungkan segala aspek selengkap mungkin dengan data atau informasi secermat mungkin yang menyangkut kemampuan dasar intelektual (iq), bakat khusus (aptitudes), di samping aspirasi atau keinginan orangtuanya dan siswa yang bersangkutan.

C.    Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan perilaku social, moralitas dan kesadaran hidup atau penghayatan keagamaan, antara lain:
a. Diusahakan terciptanya suasana dan tersedianya fasilitas yang memungkinkan terbentuknya kelompok-kelompok perkumpulan remaja yang mempunyai tujuan-tujuan dan program-program kegiatan yang positif konstruktif berdasarkan minat, keolahragaan, kesenian, keagamaan, hobi, kelompok belajar atau seperti diskusi, yang diorganisasikan oleh mereka sendiri dengan guidance dari para pendidik seperlunya;
b. Diaktifkannya rumah dengan sekolah (parent-teacher association) untuk saling mendekatkan dan menyelaraskan system nilai yang dikembangkan dan cara pendekatan terhadap siswa remaja serta sikap dan tindakan perlakuan layanan yang diberikan dalam pembinaannya;
c. Pertemuan dan kerja sama antarkelembagaan yang mempunyai tugas dan kepentingan yang bersangkutan dengan kehidupan remaja secara rasional (sekolah, lembaga keagamaan, lembaga kesehatan, lembaga keamanan, lembaga pengabdian kanak-kanak, lembaga konsultasi psikologis, guidance and consulting centre, jawatan sosial, jawatan penempatan tenaga kerja, lembaga kesehatan mental, dan sebagainya), tampaknya akan sangat bermanfaat dalam rangka membantu para remaja mengembangkan program-program pembinaan minat, karier, dan aktifitas lainnya.

D. Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan fungsi-fungsi konatif, afektif, dan kepribadian, antara lain:
a.  Sudah barang tentu jalan yang paling strategis untuk ini ialah apabila para pendidik terutama para orang tua dan guru dapat menampilkan pribadi-pribadinya yang dapat merupakan objek identifikasi sebagai pribadi idola para remajanya;
b. Pemberian tugas-tugas yang dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, belajar menimbang, memilih dan mengambil keputusan atau tindakan yang tepat akan sangat menunjang bagi pembinaan kepribadiannya

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
         Masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat (Konopka, dalam Pikunas, 1976; Kaczman & Riva, 1996).
         Apabila gagal dalam tugas perkembangannya, dalam mengembangkan rasa identitasnya. Maka remaja akan kehilangan arah. Dampaknya remaja akan mengembangkan perilaku menyimpang (delinquent) melakukan kriminalitas atau menutup diri (mengisolasi diri) dari masyarakat karena tidak menduduki posisi yang harmonis dalam masyarakat. Faktor-faktor yang dapat menentukan gagal atau berhasilnya tugas perkembangan tersebut, ada 3 yakni : Kutub Keluarga, Kutub Sekolah, dan Kutub Masyarakat.

B.    REKOMENDASI
         Pendekatan dan pemecahannya dari pendidikan merupakan salah satu jalan yang paling strategis untuk mengatasi delikuensi pada remaja karena sebagian besar remaja yang bersekolah dengan para pendidik mempunyai paling banyak kesempatan berkomunikasi dan bergaul. Metode untuk mengatasi delikuensi pada remaja yaitu mengatasi masalah-masalah yang dapat mengakibatkan delikuensi pada remaja, contohnya perkembangan fisik dan psikomotorik, perkembangan bahasa dan perilaku kognitif, perkembangan perilaku sosial, moralitas, dan keagamaan, perkembangan perilaku afektif, konatif dan kepribadian.




DAFTAR PUSTAKA

Makmun, Abin Syamsuddin. (2001).  Psikologi Kependidikan : Perangkat Sistem Pengajaran Modul.  Bandung : PT Remaja Roedakarya.
Hartinah, Siti. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Refika Aditama.



Untuk bahan presentasinya bisa anda download link di bawah ini.


SEMOGA BERMANFAAT
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment