Wednesday, August 31, 2016

Permainan 50

Assalamu'alaikum
           Apa kabar sobat Blogaritma? semoga sehat selalu dan senantiasa haus akan ilmu demi mencari ridho Allah SWT, Amin. Kali ini saya ingin memberikan permainan yang menarik dan bisa anda aplikasikan pada saat proses pembelajaran matematika sehingga dapat memotivasi siswa menjadi siswa yang gemar matematika. Permainan ini dinamakan "Permainan 50".
           Permainan 50 ini sangat membantu siswa dalam peningkatan skill penjumlahan sehingga siswa dilatih untuk menjumlahkan angka-angka dengan cepat dan sekaligus menyenangkan. Permainan ini dimainkan oleh dua pemain.

ATURAN PERMAINAN
           Supaya lebih efektif anda perkenalkan permainan ini dengan mengumumkan kepada siswa bahwa anda adalah juara dunia untuk permainan ini dan tidak pernah terkalahkan. Permainan dimainkan dengan menggunakan angka 1,2,3,4,5, dan 6. dua pemain secara bergantian memilih angka yang sudah ditetapkan dan menjumlahkan angka-angka yang terpilih dan yang pertama mencapai 50 maka dialah pemenangnya. Sebagai contoh : jika siswa mendapat giliran pertama dan memilih angka 6, maka guru mungkin berikutnya memilih angka 2, yang jumlahnya menjadi 8. Jika murid kemudian memilih angka 5 maka jumlahnya menjadi 13 dan selanjutnya guru lagi memilih angka dan seterusnya sehingga mencapai jumlah 50.  

STRATEGI
         Sebenarnya anda akan selalu menjadi pemenang dengan mencapai jumlah 50 jika menggunakan strategi berikut. Jadi anda usahakan pada saat giliran anda pilihlah angka jika dijumlahkan menghasilkan 43 (tanpa memandang angka berapa yang dipilih oleh lawan anda pada giliran berikutnya, anda akan memilih angka sehingga jumlahnya menjadi 50). Dengan bekerja mundur, anda akan selalu memilih jumlah 43 jika Anda sebelumnya dapat mencapai 36. Dengan melanjutkan cara ini "angka-angka kemenangan" berikut ini diperoleh:

1,  8,  15,  22,  29,  36,  43,  50

            Misalnya jika Anda giliran pertama, pilihlah angka 1, atau jika anda giliran kedua, dan lawan memilih angka misalkan 5, maka angka yang anda pilih haruslah angka yang jika dijumlahkan menjadi angka 8 yaitu anda pilih angka 3 dan seterusnya. Anda ikuti angka-angka kemenangan di atas sehingga anda akan selalu menjadi pemenang. Usahakan lawan anda tidak mengetahui angka-angka kemenangan di atas, kalau pun lawan mulai curiga dan mengetahui pola angkanya, anda pilihlah angka yang tidak selalu 1 untuk awal permainan tapi usahakan anda mendapatkan angka kemenangan terakhir yaitu angka 43.

Selamat Mencoba!




Sumber: Sobel, Max A.(2004)."Mengajar Matematika".Jakarta.Erlangga


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment