Thursday, May 11, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (REACT) (Pertemuan-1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(REACT)
( Pertemuan-1 )
 
                                                            Sekolah             :............................................
                                                            Mata Pelajaran : Matematika
                                                            Kelas/Semester : VII/II (satu)
                                                            Materi Pokok     : Segitiga dan Segiempat
                                                            Sub Materi        : Mengenal bangun datar segiempat dan segitiga
                                                            Waktu                : 2 x 40 menit
 
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
 
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
3.14  Manganalisis berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut.
3.15   Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
            3.14.1      Menyebutkan dan menentukan bangun datar segiempat dan segitiga
            3.14.2      Menentukan jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
4.14 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
4.15 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang).

4.14.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemahaman konsep dan sifat-sifat bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang).

 
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu menyebutkan dan menentukan bangun datar segiempat
2. Peserta didik mampu menentukan jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
3. Peserta didik mampu menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.
 
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian segitiga dan segiempat
2. Jenis-jenis dan sifat-sifat segi empat
(terlampir)
 
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Model : Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT)
Metode : diskusi, tanya jawab, demonstrasi, presentasi
 
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Kesatu (2 JP)
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Komponen
Kegiatan Guru
Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
1.     Guru mengucapkan salam dan menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk pembelajaran misal berdo’a sebelum belajar
2.   Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk pembelajaran.
3.     Guru memberikan motivasi kepada siswa yang terkait dengan materi yang akan diajarkan
4.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
5.   Guru membagi siswa beberapa kelompok belajar
Pendahuluan
1.   Siswa menjawab salam guru dan berdo’a, kemudian mempersiapkan diri belajar
2.     Siswa mempersiapkan perlengkapan dan peralatan untuk pembelajaran
3.     Siswa memperhatikan penjelasan guru terkait materi pembelajaran yang akan dipejari.
4.   Siswa membentuk kelompok sesuai arahan dari guru
10 menit

Inti
1.     Guru mengaitkan konsep materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
2.     Guru memberikan pertanyaan kepada siswa pembahasan yang berkaitan dengan segiempat dan segitiga dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan stimultan agar siswa bertanya
Inti
1.     Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang konsep materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari 
2.   Siswa mengaitkan kegunaan dan fungsi segiempat dan segitiga dalam kehidupan sehari-hari dan siswa mengajukan pertanyaan
5 menit
Relating
3.     Guru memberikan gambar hiasan berikut:

4.     Guru meminta siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi gambar hiasan tersebut
5.     Guru meminta siswa untuk mencermati dan memberikan contoh benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan segiempat
6.     Guru meminta siswa untuk mendata bangun apa saja yang ada dalam gambar hiasan tersebut
3.     Siswa memperhatikan gambar yang telah diberikan guru
4.      Siswa memberikan contoh benda di lingkungan sekitar yang berkaitan dengan bentuk segi empat dan segitiga.
5.     Siswa mengidentifikasi gambar hiasan.
6.     Siswa mendata bangun-bangun yang ada dalam gambar hiasan.

10 menit
experiencing
7.      Guru meminta setiap kelompok untuk menyusun 6 batang korek api tersebut membentuk
bangun segiempat dan segitiga sebanyak mungkin dengan persyaratan sebagai berikut.
a.     Semua batang korek api habis terpakai.
b.     Setiap ujung batang korek api harus memotong dengan ujung batang
korek api lainnya.
c.     Tidak ada satu batang korek api yang bersilangan.
7.   Siswa menerapkan konsep segiempat dan segitiga dengan menggunakan korek api.
15 menit
Applying
8.     Guru meminta siswa untuk mendiskusikan hasil kerjanya dengan taman kelompoknya agar saling berbagi dan bertukar informasi
8. Siswa mendiskusikan hasil kerjanya di dalam kelompok
15 menit
Cooperating
9.     Siswa diberi LKK (Pertemuan 1)
10.    Siswa diberi Penugasan untuk dikerjakan di rumah
11.    Guru berkeliling mencermati siswa mengerjakan LKK, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami
12.    Guru memberi bantuan (scoffilding) berkaitan dengan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok atau klasikal
9.     Siswa mengerjakan soal LKK sampai selesai
10.  Siswa menerima tugas untuk dikerjakan di rumah
20 menit
Transfering
Penutup
1.     Siswa diajak untuk menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
2.     Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan selanjutnya
Penutup
1. Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
5 menit

 
G. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Alat : Papan tulis, alat tulis, dan penggaris
Media : Segitiga, persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, belah ketupat dan layang-layang
Sumber belajar :
  • Buku Paket Matematika SMP/MTs/ Kelas VII Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016.
  • Buku Paket Matematika SMP/MTs/ Kelas VII Penerbit Erlangga.
  • Buku Pegangan Guru Matematika Wajib SMP/MTs Kelas VII Semester 2
  • Lembar Kerja Kelompok (LKK) (Pertemuan 1)
 
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran adalah penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
2. Instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan (terlampir)
 
No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.   Aktif pada saat kegiatan berlangsung
b.   Menghargai pendapat orang lain
c.    Bertanggungjawab atas tugas yang dikerjakannya
Observasi
Selama proses pembelajaran
2.
Pengetahuan
a.     Menyebutkan dan menentukan bangun datar segiempat
b.     Menentukan jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang dan segitiga menurut sifatnya.
Penugasan
Akhir kegiatan pembelajaran
3.
Keterampilan
a.     Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dengan konsep dan sifat-sifat segiempat
Lembar Kerja Kelompok (terlampir)
Selama proses pembelajaran

I. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
1. Instrumen Pengamatan Sikap
    a. Teknik Penilaian : Non Tes
    b. Bentuk Penilaian : Lembar Observasi
    c. Instrumen Penilaian : Lembar Observasi Sikap (terlampir)
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
    a. Teknik Penilaian : Tes
    b. Bentuk Penilaian : Uraian
    c. Instrumen Penilaian : Penugasan (terlampir)
3. Instrumen Penilaian Keterampilan
    a. Teknik Penilaian : Tes
    b. Bentuk Penilaian : Uraian
    c. Instrumen Penilaian : Lembar Kerja Kelompok (terlampir)
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment