Thursday, February 01, 2018

Cara Menulis Rumus Matematika di Blog

          Halo sobat Blogaritma? Sekian lama tidak posting di Blogaritma, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Menulis Rumus Matematika di Blog. Kenapa saya bahas postingan tersebut? Karena sebelumnya pernah ada beberapa sobat Blogartima yang menanyakan bagaimana cara menulis rumus matematika di blogspot atau web. Semoga tulisan ini membantu anda untuk membangun blog menjadi lebih baik lagi.
        Awalnya saya juga kurang mengerti cara memasukan rumus Matematika ke dalam blogspot, waktu awal-awal posting di blogspot, saya memiliki beberapa kendala dalam menulis rumus matematika, mulai dari format rumus yang tidak rapi, kemudian rumus matematikanya berbentuk foto, dan lamanya pengetikan yang kurang efektif ketika menulis rumus matematika. 
         Tapi setelah searching beberapa postingan para penulis blog matematika, saya mulai mengerti cara paling efektif untuk menulis rumus matematika di blog. Berikut ini kita bahas yuk!

1. Menggunakan "Insert Special Characters"
         Untuk menulis formula yang simple, biasanya kita cukup gunakan fasilitas plugin yang ada di entri postingan, yaitu dengan mengklik tombol "insert special characters", tombolnya bergambar "Smile" seperti berikut 
Blogaritma
insert special characters button
Terus kita tinggal pilih dari jendela bar "insert special characters". Seperti berikut ini
jendela insert special characters
           Biasanya karakter yang berhubungan dengan matematika yaitu pada "Symbol", pilihannya bisa "Arrows, Currency, Math, Math Alphanumeric, Subscript dan Superscript". Tinggal anda pilih karakter matematika apa yang anda inginkan. atau anda bisa menggambar simbol matematika dengan menggambar di kotak "Draw a symbol here".

Contoh simbol atau rumus yang dapat ditulis melalui "insert special characters" 
x² + 2x + 1 
∫x dx = ....
A∩B
⊿ABC

            Dengan menggunakan cara ini, kita bisa lebih simpel untuk menulis rumus matematika. Akan tetapi, misalkan kita ingin menulis rumus yang lebih banyak, waktu kita akan terbuang percuma kalau dengan menggunakan cara ini. Tapi kalau menggunakan cara kedua ini, kita akan mendapat kemudahan untuk menulis rumus secara cepat. Berikut ini kita bahas ya!

2. Menggunakan gabungan rumus codecogs.com dengan MathJax
         Pertama, kalau kita menggunakan cara ini, kita akan sangat mudah untuk menulis rumus matematika. Tapi, sebelumnya kita harus lebih dulu mengenal apa itu codecogs.com dan MathJax.
a. codecogs.com
            Situs codecogs.com merupakan situs yang menyediakan fasilitas dalam hal karakter-karakter yang sering kita gunakan dalam ilmu eksakta. Situs ini dapat digunakan dalam berbagai situasi untuk menciptakan persamaan matematis yang diformat baik di LaTex maupun MATHML. 
          Untuk menulis rumus, biasanya saya pilih "Equator Editor", kemudian klik "Standalone Editor", atau bisa klik link berikut ini https://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Kemudian akan muncul seperti gambar berikut:
Blogaritma
www.codecogs.com
Anda tinggal pilih karakter-karakter untuk membuat rumusnya, kemudian nanti akan muncul karakter rumusnya di kotak "Type your equation in this box". misalkan saya klik $\sum$, maka akan muncul seperti berikut:
Blogaritma
contoh rumus
Selanjutnya, kita bahas dahulu tentang MathJax nya

b. MathJax itu apa ya??
MathJax merupakan proyek opensource untuk menampilkan persamaan di peramban modern dengan menggunakan JavaScipt. Namun untuk menggunakan MathJax ini, kita harus memasukan script terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

1. Copy script berikut ini

 <script type="text/x-mathjax-config">
  MathJax.Hub.Config({tex2jax: {inlineMath: [['′,′
'], ['\\(','\\)']]}});
</script>
<script type="text/javascript" async="async"
  src="https://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js?config=TeX-AMS_CHTML">
</script>

2. Paste script yang tadi, tepat di bawah <head> pada template blog anda
3. dan Selesai!

         Untuk lebih efektifnya lagi, anda bisa menggabungkan penggunaan situs codecogs.com tadi dengan MathJax ini. Misalkan kita ingin menulis lebih banyak rumus, kita tulis dahulu rumusnya di codecogs.com. Kemudian kita copy tulisan /script yang ada di kotak "Type your equation in this box". Seperti contoh pada gambar "contoh rumus". Kita klik karakter $\sum$ maka akan muncul tulisan "\sum". Terus kita copy ke laman posting kita. Apakah sudah ada rumus yang kita copy?
          Tentu tidak! kita harus mengapit hasil copy dari codecogs.com tadi dengan simbol S dollar $\$ $. Misalkan untuk menulis $\sum$, kita tulis $\$ $ \sum $\$ $.
        Supaya postingan dapat terlihat perubahan rumusnya di Android/IOS, dengan menggunakan aplikasi web "UC Mini", kita tidak dapat melihat rumus yang kita tulis. Sebaiknya buka di web browser bawaan HP anda.
       Nah! Itulah Cara Menulis Rumus Matematika di Blog yang menurut saya sangat efektif diaplikasikan di blogspot.
           
Artikel Terkait

3 comments:


  1. Peralatan safety untuk petugas dan pekerja proyek dan pembangunan.
    Kami menyediakan peralatan Safety dan K3 lengkap seperti:

    -helm Proyek / helm keselamatan berbagai warna

    -Baju atau wearpack

    -Rompi

    -life jaket

    -pelindung telinga

    -Kacamata pengaman

    -Sepatu booth / sepatu pelindung

    -Sarung Tangan

    -Tali dan sabuk keselamatan

    -Masker

    -Pelindung Wajah dan masih banyak lagi peralatan lainnya.

    Produk kami memiliki kualitas terbaik dengan harga terjangkau, kami juga dapat melayani pembelian dalam jumlah banyak dengan proses pengerjaan yang sangat cepat.

    untuk informasi lebih lanjut tentang stok dan ketersediaan barang, bisa hubungi langsung ke:

    Wa/ Tlp: 081112300319 / 081977000899.



    kunjungi juga website kami:

    https://juragansafety.blogspot.com/

    https://id.pinterest.com/jsafety26/_saved/

    https://www.instagram.com/juragansafety26/

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100071425298180

    https://twitter.com/juragan_safety

    ReplyDelete
  2. Artikel menarik
    Kunjungi kami di xyz.my.id

    ReplyDelete