Monday, March 05, 2018

Cara menggunakan Wolfram Alpha untuk Teori Bilangan - Bilangan Prima

              Dalam kehidupan manusia, kita sering disuguhkan berbagai macam masalah sehingga kita mesti mengetahui cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam matematika, permasalahan-permasalahan dianggap sebagai sebuah ruh yang menghidupkan matematika bahkan dari masalah keseharian lah matematika itu tercipta. Tanpa disadari, di kehidupan kita yang berkembang pesat dengan teknologi mutakhir yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan, mungkin kita menganggap perkembangan teknologi itu sebagai alasan kita hidup lebih mudah. Namun, yang harus kita jiwai bahwa bagaimana akal pikiran kita menggunakan teknologi modern sehingga tidak membuat kita bermalas malasan, akan tetapi membuat kita semakin meyakini akan kebenaran akal pikiran dengan dibantu sebuah teknologi. Saya mengingatkan bahwa teknologi secanggih apapun akan kalah dengan akal yang berpikir. Jangan sampai dengan adanya teknologi, kita menjadi manusia tutorial yang mengesampingkan kreatifitas dan pemikiran mendalam akan sebuah pemecahan masalah dalam hal apapun termasuk pemecahan masalah matematika. 
             Sebelumnya kita bahas mengenai Teori Bilangan, ada semacam aplikasi atau alat yang mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam Teori Bilangan, Wolfram Alpha salah satunya. Tentang apa itu Wolfram Alpha anda bisa kunjungi situs web nya di www.wolframalpha.com
Tampilannya seperti berikut

www.wolframalpha.com
Wolfram Alpha
1. Teori Bilangan dalam Wolfram Alpha
            Anda klik 'Mathematics', klik 'Number Theory', dipilihannya anda akan menemukan 
e. Digit Sum


a. Prime Numbers (Bilangan Prima)
www.wolframalpha.com
Prime Numbers - www.wolframalpha.com
            Di dalam menu Prime Numbers, ada 3 tipe pilihan penyelesaian yaitu : Prime Numbers, Prime Factorization, dan Classes of Primes.
Prime Numbers digunakan untuk mengetahui suatu bilangan apakah bilangan prima atau bukan
Contoh : 
- Klik pada kolom "Is 10001 prime?" maka akan muncul penyelesaiannya seperti gambar berikut :
www.wolframalpha.com
Contoh Prime Numbers - www.wolframalpha.com
Anda tinggal tulis bilangan apa saja untuk membuktikan apakah bilangan itu prima atau bukan.

- __th prime : untuk mengetahui bilangan prima ke-n yang kita inginkan. Contoh : bilangan prima ke 1 maka tulis 1the prime kemudian klik "=" (compute), hasilnya yaitu 2

- primes <=___: untuk mengetahui banyak dan apa saja bilangan prima yang kurang dari n. Contoh : bilangan prima yang kurang dari 10 maka tulis prime <=10 kemudian klik "="

- primes between ____ and _____ : untuk mengetahui banyak dan bilangan-bilangan prima apa saja yang ada diantara m dan n. Contoh : bilangan prima antara 2 dan 11, maka tulis primes between 2 and 11 kemudian klik "="

- prime closest to ____ : untuk mengetahui bilangan prima terdekat dari bilangan n bukan prima. Contoh : bilangan prima yang paling dekat dengan bilangan 10, maka tulis prime closest to 10 kemudian klik "="

- factor ____ : untuk mengetahui faktor suatu bilangan. contoh faktor dari 12, maka tulis factor 12 kemudian klik "="

- ___th twin prime : untuk mengetahui pasangan bilangan prima kembar ke-n
- ___th Mersenne prime : untuk mengetahui bilangan prima Mersenne $(Mn=2^n-1)$ke-n
- ___th Fermat prime : untuk mengetahui bilangan prima Fermat $(G(n)=2^{2^n}-1)$ke-n
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment