------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Kerjakan soal di bawah ini pada lembar jawab yang tersedia!
1. Salah satu bagian dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) Matematika SMA sesuai dengan Permendiknas No. 23 Thn. 2006 adalah sebagai berikut: a
Standar Kompentensi
Kompetensi Dasar
Kelas XI Semester 1
Aljabar
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang
ditentukan
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai
situasi
Kelas XI Semester 2
Kalkulus
3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan
masalah
3.1 Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik
3.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
fungsi aljabar
Kelas XII Semester 2
Aljabar
5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan
logaritma dalam pemecahan masalah
5.3 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam
penyelesaian persamaan/pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana
Misalkan anda akan melaksanakan pembelajaran di kelas untuk 1 (satu) kali pertemuan (2x45 menit). Pilihlah salah satu topik/ materi pembelajaran sesuai dengan SK/KD di atas, kemudian
a. Buatlah indikator pembelajarannya
b. Buatlah langkah-langkah pembelajarannya (lengkap dengan uraian materi) dengan menggunakan model pembelajaran yang relevan dengan topik yang anda pilih
c. Buatlah indikator penilaian serta alat penilaiannya (soal) lengkap dengan kunci jawaban dan penskoran yang mencakup ranah ingatan (C1), pemahaman (C2), dan aplikasi (C3) lengkap dengan kunci jawaban dan penskorannya.
Jawaban 1 (Kelas XI Semester 1):
a. Indikator Pembelajaran
1) Menyusun persamaan lingkaran yang berpusat di O(0,0) dan berjari-jari r
2) Menyusun persamaan lingkaran yang berpusat di A(a,b) dan berjari-jari r
3) Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran
4) Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui sebuah titik pada lingkaran
5) Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang gradiennya diketahui
6) Menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui sebuah titik di luar lingkaran.
b. Langkah-langkah pembelajaran
Model Pembelajaran : NHT (Numbered Heads Together)
Metode : Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan pemecahan masalah
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
(menit)
Keterangan
Fase 1
(Menyampaikan
tujuan dan langkah-langkah model pembelajaran)
10
Pendahuluan
Mengawali pembelajaran dengan :
ØMemberi
motivasi melalui gambar
yang
berbentuk persamaan garis singgung lingkaran dimana terdapat seorang anak
yang sedang menimba air di sumur
ØMenyampaikan
tujuan pembelajaran, yaitu : dengan mempelajari materi ini kita dapat
menentukan persamaan garis singgung lingkaran
ØMenyampaikan
langkah-langkah model pembelajaran NHT
1.Memperhatikan penjelasan guru
Siswa masih dalam keadaan belum berkelompok
Fase 2
Menyajikan
informasi
10
Presentasi kelas
Menyampaikan informasi awal yang berkaitan dengan persamaan
garis singgung lingkaran
Semua siswa
memperhatikan penjelasan guru.
Fase 3
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok belajar
Fase 1 NHT
Penomoran
5
Belajar kelompok
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Misalkan jumlah
siswa ada 16 anak, maka setiap kelompok terdiri dari 4 anak. Kemudian guru
memberi nomor pada setiap siswa dalam kelompok dan memberi nama kelompok yang
berbeda-beda.
Siswa bergabung pada masing-masing kelompok yang
sejenis dan siswa mengetahui secara masing-masing jenis kelompok dan nomornya
Siswa berkelompok
Fase 2 NHT
Pemberian LKS
5
Belajar kelompok
Memberikan
LKS : Persamaan Garis Singgung Lingkaran kepada setiap
kelompok
Mengerjakan
LKS secara berkelompok dan berdiskusi untuk menemukan jawabannya
Fase 4
Membimbing Kelompok
Bekerja dan Belajar
Fase 3 NHT
Berpikir bersama
30
Belajar kelompok
Mengawasi kerja kelompok dengan mendatangi kelompok
dan memberi bantuan bila ada kesulitan dalam mengerjakan LKS,
bukan memberi jawaban.
Mendiskusikan permasalahan yang ada pada LKS
sedemikian hingga seluruh anggota memahami penyelesaian dari permasalahan
yang ada di LKS.
Fase 5
Evaluasi
Fase 4 NHT
Menjawab
15
Penutup
Meminta
beberapa siswa mewakili kelompoknya untuk ke depan kelas menyampaikan jawaban
berdasarkan hasil diskusi kelompok dengan cara memanggil
secara acak nama kelompok dan nomor, sedangkan
kelompok lain memberikan tanggapan.
Mengarahkan siswa menarik kesimpulan
tentang materi Persamaan Garis
Singgung Lingkaran.
Menyampaikan jawaban kelompok, menanggapi jawaban
kelompok lain.
Bersama
guru menarik kesimpulan dari diskusi kelas
Fase 6
Memberikan
penghargaan
15
Memberikan skor kumulatif pada setiap kelompok dan
memberi penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan nilai terbaik.
Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan
menginformasikan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya, lalu menutup pelajaran.
Siswa mendapat skor dari guru dan kelompok yang
mendapat skor tertinggi diberi penghargaan oleh guru
Mencatat tugas yang akan dikerjakan di rumah
c.
Jawaban lain (Kelas XII Semester 2):
a. Indikator Pembelajarannya
1. Mengembangkan cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma
2. Memberikan alternatif penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma
3. Memproses suatu penyelesesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logarit
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.Guru mengucapkan salam
2.Guru merapikan tempat duduk siswa.
3.Guru mengabsen siswa
4.Guru memberikan apersepsi “Apa itu
Eksponen dan Logaritma?”
5.Guru memberikan motivasi kepada
siswa”Jika kalian bisa Eksponen dan Logaritma, Yakinlah kalian gampang
belajar ke bab selanjutnya”.
6.Guru menyampaikan kompetensi
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Menggunakan sifat-sifat
fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian persamaan/pertidaksamaan
eksponen atau logaritma sederhana.
1.Siswa menjawab salam dari guru
2.Siswa merapikan tempat duduknya
3.Siswa yang di absen namanya mengacungkan tangan.
4.Siswa menjawab apersepsi yang dikemukakan guru.
5.Siswa menjadi antusias dengan motivasi yang diberikan
guru.
6.Siswa memperhatikan kompetensi dari
pembelajaran materi eksponen dan logaritma oleh guru.
10’
Kegiatan
Inti
Fase 1 :
Guru
menyajikan atau mendemonstrasikan
ekponen dan logaritma sesuai topik yang terdapat pada Lembar Kerja Siswa yang
diberikan pada siswa mengenaiekponen
dan logartima.
Guru
memberikan contoh Eksponen (3z x 3z x 3z = 3z3)
dan Logaritma
(102 = 100 atau log 100 = 2)
Fase 2 :
Guru
membagi siswa
menjadi beberapa kelompok dan guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi
dan pembelajaran dengan :
a.Memberikan
konsep bahwa eksponen adalah pemangkatan sedangkan logaritma adalah
kebalikannya.
b.Memberikan
bentuk umum dari ekponen dan logaritma
c.Memberikan
beberapa sifat-sifat eksponen dan logaritma
Fase3
:
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa tanya jawab dari materi yang telah
disampaikan.
Fase 4:
Untuk menguji pemahaman, siswa dengan
memberikan beberapa soal yang berkaitan dengan :
a)Eksponen
dan logaritma dasar
b)Persamaan
dan pertidaksamaan eksponen dan logaritma
(Soal
disertakan dalam Lembar Tugas)
Fase5:
Guru
membimbing setiap kelompok dalam pemecahan masalah yang telah diberikan
Fase
6 :
Bagi pertanyaan yang dijawab dengan benar,siswa memberi tanda
check list dan langsung berteriak “horee!!”atau menyanyikanyel-yelnya.
Fase7 :
Nilai siswa
dihitung dari jawaban yang benar dan yang banyak berteriak “horee!!”
1.Siswamendemonstrasi
penjelasan guru sambil mengamati materiekponen dan
logaritma
yang ada di LKS.
2.Siswa menempatkan diri sesuai
kelompoknya masing-masing yang beranggotakan 4 siswa. Setelah duduk
secara berkelompok, dengan bimbingan guru siswa melakukan kegiatan:
a.Mendiskusikan
masalah sehari-hari yang merupakan eksponen dan logartima juga memberikan contoh
seperti
:
1)2y x 2y x 2y bisa ditulis jadi 23
2)103 = 1000 atau log 1000 = 3
Sehingga siswa dapat menyimpulkan pengertian eksponen dan logaritma.
3.Siswa secara berkelompok saling bertanya masalah
– masalah yang berkaitan dengan himpunan yaitu anggota dan bukan anggota
himpunan, notasi himpunan, himpunan kosong dan nol, himpunan semesta
4.Siswa membuat kotak sesuai dengan intruksi
guru
5.Siswa mendengarkan soal yang dibacakan dan didiskusikan
guru
a.Melalui latihan soal yang sederhana
siswa menjawab
soalsecara
berkelompok dan saling aktif untuk menyelesaikan soal yang diberikan guru dan
diisi didalam kotak.
b.Salahsatu
siswa dari masing-masing kelompok saling berinteraksi dengan kelompok lain
untuk menjawab soal yang telah diberikan guru.
6.
Siswa memberikan tanda check-list dan langsung berteriak horay adapun siswa
yang jawabannya salah melihat kelompok lain yang berteriak horay.
7.
Siswa secara berkelompok menghitung jawabannya yang sudah diberi tanda
check-list dan berteriak horay
70’
Kegiatan
Penutup
1.Guru meminta siswa
untuk menyimpulkan tentang pengertian eksponen dan logartima,
persamaan dan pertidaksamaan eksponen/logaritma.
2.Guru membuat kesimpulan untuk
meluruskan materi yang telah disampaikan
3.Guru memberikan tugas
kepada tiap – tiap kelompok
beberapa soal
4.Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap semangat dalam belajar
5.Guru mengucapkan salam penutup
untuk mengakhiri pembelajaran
1.Siswa menyimpulkan pembelajaran yang
telah dipelajarinya.
2.Siswa mendengarkan apa yang telah disampaikan guru
dari kesimpulan guru yang telah diberikan
3.Siswa menuliskan tugas tersebut secara berkelompok
4.Siswa mendengarkan pesan guru
5.Siswa menjawab salam dari guru
10’
c. Indikator Penilaian 1) Menunjukkan pengertian ekponen dan logaritma yang tepat 2) Menentukan nilai x dari pertidaksamaan eksponen 3) Menggunakan sifat-sifat eksponen kedalam pertidaksamaan eksponen
No
Soal
Jawaban
Skor
1.
a.Eksponen
adalah kebalikan dari logaritma
b.Logaritma
adalah pemangkatan
c.Eksponen
adalah pemangkatan
d.Logaritma
adalah pengkuadratan
Dari
ke-4 pengertian di atas. Coba anda tunjukkan pengertian yang paling tepat!
Yang
tepat adalah a dan c
10
2.
Tentukan
nilai x yang memenuhi !
x
= 3 dan x = 2
dengan
menggunakan garis bilangan, maka x yang memenuhi adalah x < 2 atau x <
3
No comments:
Post a Comment